Bungkuuus!


Foto: pixabay


Di sebuah restoran ala-ala jepang. Sang suami mengajak istri dan anaknya makan disana.

S: "Mau pilih yang mana, Mah?"

Sang istri melihat gambar menu yang terpasang di belakang sebelah atas kasir. Sedangkan sang suami dan anaknya sudah selesai memilih menu.

A: "Dih, biasa banget dah kalo milih mikirnya lama."

S: "Udah sih, Mah. Pilih aja yang mana aja. Nggak usah diliat harganya."

I: Ya ampun, nih anak sama bapak berisik banget. Lagian nggak ada antrian pula. Suka-suka lah mau pilih yang mana. (dalam hati sang istri) 

Sang istri menimbang-nimbang antara pilihan paket C dan D. Harga sama tapi beda dibumbu dan tambahan satu lauk pada paket D. Setelah penuh pertimbangan akhirnya pilihan jatuh pada paket C. Tanpa tambahan lauk tapi menu utamanya udang. Tahu kan harga udang dan lada hitam?

I: "Kok, kamu tambah satu paket lagi, Pah? Apa nggak kebanyakkan?"

S: "Nggaklah, nanti ini buat kita bertiga."

Setelah sang suami menyelesaikan pembayaran di kasir.  Kami berjalan menuju meja kosong tidak jauh dari wastafel bagian dalam restoran. Sengaja kami memilih tempat duduk agak menjorok ke dalam agar tidak dilalui banyak orang.

A: "Nih, Mah. Harusnya di rumah bikin salad kayak gini. Ntar kakak jadi doyan makan sayuran dah."

M: "Lah, kan mayonaise udah ada. Bikin aja sendiri. Lagian kan gampang cuma diiris tipis gini."

A: "Nggak, ah."

I: "Bilang aja males."

Sang anak cuma nyengir sambil melahap salad sayur dengan sumpit.

I: "Tahu nggak, Pah? Nih, menu-menu yang kita makan sekarang. Bisa buat belanja seminggu."

S: "Yeilleh si Mamah. Udah sih dinikmatin aja. Makan gratis dan nggak ganggu jatah bulanan ini."

Ayam rolade dilahap utuh tanpa dipotong lagi oleh sang suami. Mungkin sedikit bete dengan sang istri. Bingung harus bersikap bagaimana. Diajak ganti suasana selain di rumah, susah banget. Ada aja yang kurang.

S: "Nggak dimakan ayam tepung filletnya, Mah? "

Sang suami menunjuk irisan ayam fillet menu tambahan tadi. Tersisa satu iris fillet yang memang itu adalah jatah sang istri.

I: "Ini aja belom abis. Kenyang."

Satu potong ayam rolade milik sang istri masih utuh di atas piring.

A: "Buat aku ya, Mah?"

I: "Lah, itu udang masih ada satu. Abisin dululah yang itu. Emang belom kenyang makan udah segitu banyak?"

Sang anak cuma nyegir sambil menggigit udang goreng tepung.

S: "Please deh, Mah. Jangan malu-maluin. Sini dah dimakan papah aja kalau emang mamah udah kenyang."

I: "Dih, apa-apaan itu. Kan ini jatah mamah. Lumayan buat lauk makan sore ntar di rumah."

Dibukanya lembaran tisu. Ditaruhnya sisa rolade dan ayam fillet tepung di atas tisu. Kemudian ditutup kembali dengan tisu yang lain. Lalu dimasukkan ke dalam tas tenteng.

Sang suami dan sang anak cuma bisa pasrah melihat kelakuan sang istri tercinta. Untung siang itu restoran sepi. Mungkin karena hari kerja juga kali ya.

Dengam wajah semringah, sang istri melangkah gembira keluar dari restoran. Ia bersyukur bisa mengurangi pengeluaran jatah makan sore nanti.

#ODOP
#komunitasodop
#minggu8
#squadbloggerodop


Komentar

Posting Komentar