Seberapa Penting, Sih, PageView Bagi Blog?

Tanggal 25 Oktober yang lalu aku berkesempatan untuk mengikuti sharing bareng GrowThing tentang pentingnya pageview bagi blog. Info ini kudapat dari Coach Marita dan dari grup KGB. 

Sebetulnya sharing ini adalah Marathon Coaching yang diadakan selama tiga hari berturut-turut. GrowThing mengadakan webinar ini untuk memeringati Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober.

pentingnya pageview bagi blog

Alhamdulillah, meski mata ngajakin merem terus, selesai juga aku mengikuti coaching marathon selama tiga hari yang sarat ilmu tersebut. 


Pageview (PV) itu sering kudengar, sih. Tapi terus terang cuma mengerti kalau hal tersebut sebagai pertanda orang telah melihat dan mampir ke blog kita.


Tapi setelah Mbak Rini Novita Sari, seorang lifestyle blogger menjelaskan betapa pentingnya PV. Barulah diriku tersadar dari khayalan tinggi menjadi seorang blogger tenar. 


Baca juga: Jemari menari di atas keypad


Bagaimana bisa dikenal sebagai blogger kalau istilah dan alat tempur blog aja nggak tahu?


Apa, sih, PV?


PV merupakan jumlah halaman dari blog yang dibuka, baik itu oleh visitor manusia maupun visitor bot. Adapun perhitungannya jika seorang visitor (manusia) membuka laman website anda sebanyak 5 kali maka pageview-nya juga akan berjumlah 5 tayangan. Perhitungan itu pun juga berlaku saat visitor melakukan refresh atau me-reload halaman blog, maka sudah terhitung menjadi 2 pageview, yang pertama saat membuka dan kedua saat me-reload. (sumber: google.com).


Kok, ada sebut-sebut visitor? Memang yang dimaksud visitor disini, apa, sih? 


Visitor, ya, artinya sesuai bahasa Indonesia. Pengunjung. Sedangkan kalau dalam istilah blog. Maksud pengunjung disini adalah orang yang dengan jumlah keseluruhan mampir ke blog kita dalam kurun waktu tertentu.


Selain itu ada juga UV (unique visitor) yaitu pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP address, browser, dan cookies yang tersimpan di setiap browser


Sedangkan bounce rate adalah persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link. 


Mbak Rini pemilik celotehdinihari.com dan jasa penulisan artikel, Neo Digital Writer ini, menjelaskan pentingnya pageview bagi blog dan wajib ditingkatkan jumlahnya, karena:


  1. PV tinggi merupakan harapan semua pejuang adsense
  2. PV tinggi maka akan meningkatkan Conversion Rate
  3. PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas
  4. Meningkatkan rate card (harga) kita
  5. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama


Kemudian, Mbak Rini juga memberikan tips menaikkan PV blog.


Tips yang diberikan oleh Mbak Rini tentu sangat berguna bagi blogger pemula macam akuni. 


1. Riset Keyword


Keyword artinya kata kunci. Maksud kata kunci disini adalah kita harus mencari kata kunci yang banyak dicari orang. Seperti aku sekarang, mencari tahu tentang kata kunci ini, aku mengetik "apa itu riset keyword" di mesin pencari google. 


Untuk riset kata kunci ini, Mbak Rini bilang mainnya pakai feeling atau intuisi. Kalau pengertianku, mah, itu berarti kita harus rajin-rajin belajar tik kata kunci di mesin pencari google agar terlatih. Mengasah keterampilan gitu, deh, kurang lebih. 


Berikut adalah tools pencari kata kunci yang diberikan oleh Mbak Rini:


  1. Menggunakan Google Keyword Planner

  2. Keywordtool.io + Google Keyword Planner

  3. KeywordFinder.io

  4. Neil Patel


Untuk keseluruhan alat bantu pencari kata kunci tersebut di atas cukup mudah.


Masukkan saja prediksi kata kunci yang kita inginkan. Lalu pilihlah volume pencarian untuk kata kunci tersebut yang berada di kisaran 100 - 1000 per bulan. 


2. Menulis Artikel SEO dan Human Friendly


Pertama kali ngeblog awal tahun 2020. Aku cuma tahu blog itu tempat menulis yang panjang tulisannya nggak terbatas. 


Mengenal pentingnya SEO dan human friendly baru sekarang-sekarang ini. 


Sebegitu pentingkah mereka sampai menulis pun harus melihat keberadaanya? 


Jawabannya adalah penting banget. Apa gunanya menulis kalau nggak ada yang baca? Sayang banget, kan, kalau tulisannya bagus trus nggak bermanfaat buat orang banyak. 


Jadi, sekarang aku nggak asal tulis. Aku mau tulisanku SEO friendly. Aku mau memberikan tulisan terbaik pada google.


Sehingga ketika teman-teman mengetik keyword, tulisanku berada pada halaman pertama google. 


3. Link Building


Link building adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kita. 


Tentu bukan hal mudah sebuah website lain memberikan tautan kepada website kita. Tapi bila web kita berisi konten yang berkualitas. Bukan hal tidak mungkin kita akan mendapatkan tautan dari web lain. 


Duh, pasti senang banget, nih, seandainya blogku mendapat backlink dari detik.com #ngayaltingkattinggi 


4. Membuat Artikel Trending atau Viral


https://trends.google.com/trends.explore


Melalui web tersebut kita bisa mencari apa saja yang sedang viral. 


Aku belum pernah pakai google trends ini, nih. Nggak kebayang seandainya blogku berisi artikel yang sedang viral. Misalnya tentang vaksin untuk pasien yang terkena covid-19. Wuah, pastinya PV blogku bakal naik pesat #ngayallagi. 


5. Blogwalking


Akutuh sebetulnya sudah menjalankan poin lima dalam menaikkan PV ini. Cuma tahunya kalau ikut blogwalking itu agar blog kita ramai pengunjung dan ada yang baca juga sampai tuntas gitu.


Kan, soalnya mereka ninggalin komentar di artikel yang kita tulis. Belum terpikir kalau blogwalking ini ternyata ada hubungannya dengan PV. 


Duh, bener-bener cupuers banget, deh. Seperti sapaan Coach Marita untuk blogger pemula macam akunih. 


6. Optimasi PageSpeed dan Desain Blog yang Menarik


Apalagi coba si pagespeed ini. Baru tahu aku kalau ada istilah ini dalam dunia per-blog-an. 


Ternyata ngeblog itu sama rumitnya dengan membuat cerpen dan cernak, saudara-saudara. Bikin mumet kepala. Heuheu. 


Tapi mau tidak mau aku harus belajar untuk tahu tentang optimasi pagespeed. Itu kalau aku mau blogku bisa dicari oleh para pembaca. 


Apa sih pagespeed itu? 


Pagespeed merupakan tools dari Google yang berguna untuk memberikan informasi mengenai performa kecepatan akses suatu halaman web, melalui perangkat seluler dan desktop, serta memberikan informasi cara meningkatkan performa halaman web tersebut. (rumahweb.com)


Jadi penasaran kecepatan akses blogku berapa, ya? 


Nah, ini hasilnya. Blogku mendapat score 82.


Pageview itu penting



Range score pagespeed itu berada di kisaran 0 - 100. Semakin tinggi scorenya, berarti semakin baik pula nilai sebuah web atau blog. 


Terlebih bila mendapat score di atas 85 atau lebih. Hal ini menunjukkan bahwa halaman blog telah bekerja dengan baik.


Siapa coba yang nggak betah mampir ke blog yang loadingnya cepat? Apalagi kalau ditambah tampilan serta desain blog yang cantik dan content yang menarik. Hmm, pasti PV blogku bakal tambah, nih. 


Teman-teman Desi's corner mau coba cek score blog juga?


Coba pakai ini https://tools.pingdom.com/


7. Google Search Console


Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil Google Penelusuran. (google.com)


Kalau aku, mah, pas udah ganti domain jadi dot com, langsung pasang google search console ini. 


Memang, sih, pemahaman untuk tools ini baru sebatas melihat, apakah sebuah link blog sudah bekerja dengan baik atau belum. Maksudnya, apakah link blog sudah terindeks oleh google?


Kalau sebuah artikel yang kutulis sudah terindeks oleh google, itu pertanda aku dapat melihat seberapa sering blogku itu muncul di pencarian google.


8. Google Analytics


Google Analytics ini aku pasang juga setelah blogku berganti domain menjadi dot com. Layanan ini gratis dari google dengan hanya memiliki akunnya. 


Google analytics ini akan menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Tools ini dapat membantuku untuk melihat perilaku pengunjung seperti, postingan mana saja yang mendapat PV tertinggi, dari daerah atau negara mana saja yang melihat blogku, rentang usia pembaca, dan masih banyak lagi.


Sehingga aku dapat menulis dengan target yang lebih jelas. 


Tapi terus terang, sih, aku belum memanfaatkan tools ini secara maksimal. Sekarang lagi konsen menulis yang SEO friendly dulu.


Bertahap sajalah, ya. Pelan-pelan asal tujuan akhir tercapai. Aamiiin. 


Beneran asli mabok aku belajar istilah blog-blog ini. 


Tapi, ya, itu tadi. Kalau pageview blogku mau naik dan bagus. Aku harus mengikuti delapan poin yang telah disebutkan di atas tadi.


Semangat! Mari taklukan istilah-istilah blog dengan praktik tanpa putus asa. Setelah menaklukan pentingnya pageview bagi blog. Menaklukan SEO akan menjadi target selanjutnya.


Fighting!  #efeknontondrakor






Komentar