Wednesday, June 2, 2021

Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas Manis Nggak Pakai Lama


oseng tempe kacang panjang

Ceritanya suami kangen sama oseng tempe kacang panjang manis pedas. Maklum, gegara waktu fasdhu, hasil darahnya ada kandungan asam urat. Alhasil pere bikin oseng tempe ini, lama pake banget. Mungkin selama pandemi nggak bikin masakan oseng tempe manis pedas ini. (Lebay tapi hampir nyata 😋😅).

Sebagai Mamak yang masih belajar masak. Oseng, tumis, sayur bening, goreng-goreng, adalah keahlian yang bisa dipelajari secara ekspres bin kilat. Sayur asem dan sayur sup, masih butuh jam terbang agak lamaan dikit. Rasanya itu lho, nggak konsisten. Kadang enak, kadang layak dimakan, atau kadang kayak minum air bening. Wkwk.

Kalau kata Kakak mah, "enakan sayur sup buatan Eyang Mamah."

Ya iyalah, Kak, secara Eyang Mamah, kan, terjun ke dunia masaknya sejak masih gadis sampai nemenin Papap berumah tangga 50 tahun lebih. Lah Mamah, jam terbang di dapurnya baru tiga tahun. Itu juga nggak tiap hari masak.

Telur ceplok buatan Eyang Mamah aja enak banget dibanding bikinin Mamah.

 

Coba itu Kakak, hati Mamah terasa teriris seperti tempe yang mau dipotong buat bikin oseng. Sampai telur ceplok pun kalah saing sama Eyang Mamahnya Kakak. Padahal jam terbang bikin telur ceplok semenjak masih sekolah lho, akutu bikinnya.

Baca Juga: Review Usaha Masakan Rumahan Dapoerasatoe

Perbedaan Oseng dan Tumis

Oseng tempe yang dibuat ini, Alhamdulillah cukup berhasil, cocok di lidah dan lumayan bisa dimakan (mau muji enak, takut nggak percaya 😀). Eh tapi buktinya, suami pas makan cuma bilang kurang pedes. Nggak ada embel-embel kurang enak atau nggak enak. Berarti berhasil kan, nyontek resepnya 😅). Aku ambil resepnya dari kecap bango gitu. Tapi ada beberapa bumbu dan cara masaknya aku sesuaikan dengan gaya aku sendiri. 

Sebelum mulai masak. Sahabat Desi's Corner tahu nggak perbedaan antara oseng dan tumis?

Ya, benar, kok Sahabat Desi's corner udah tahu, sih, perbedaan antara oseng dan tumis? Jujur, aku baru tahu perbedaan keduanya pas menulis tentang oseng tempe kacang panjang pedas manis ini. Padahal masaknya mah, hampir tiap hari, kalau nggak oseng ya, tumis. Praktiknya udah bener. Cuma teorinya yang kelewat.

Dari sumber beberapa artikel yang kubaca. Katanya kalau oseng itu masakan khas bangsa kita, Indonesia. Dimasak menggunakan minyak lebih sedikit dibanding tumis. Karena bahan makanan oseng kaya protein dan sudah mengandung minyak alami, makanya minyak yang dipakai lebih sedikit dibanding tumis. 

Bumbu rempah yang digunakan selain bawang merah dan putih, cabai. Juga menggunakan lengkuas, daun salam, jahe, lada, dan teman-temannya. Gimana nggak harum menggoda coba nih, masakan? Soal rasa, oseng memiliki rasa asin cenderung pedas.

Rempah oseng

Nah, kalau olahan tumis, perpaduan antara masakan khas Indonesia dan Oriental. Selain menggunakan minyak sedikit. Bumbu yang dipakai adalah cabai, bawang merah, dan putih. Terus rempahnya diganti dengan kecap asin, kecap ikan, saus tiram. Nggak lupa ditambah gula dan garam.

Biar masakan lebih mantap, biasa ditambah air sedikit. Jangan sampai berenang, ya. Soal rasa? Hmm, gurih dan manis gitu (jadi pengin tumis kangkung sama tempe goreng).


Resep Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas Manis

Mari kita mulai masak oseng tempe kacang panjang pedas manis ini diawali dengan mengucap bismillah.

Bahan-bahan yang digunakan:

Tempe - 1 papan
Kacang panjang - 1 ikat
Bawang merah - 7 siung
Bawang putih - 3 siung ukuran besar
Daun salam - 2 lembar
Lengkuas - 1 ruas ibu jari
Cabai keriting - 2 buah
Cabai rawit setan - 7 buah
Garam
Gula
Kaldu jamur (optional)
Kecap manis 

Bahan oseng tempe

Langkah Membuat I:

1. Potong panjang tempe tapi jangan tipis kayak mau bikin orek atau mau potong dadu juga boleh. Suka-suka deh, pokoknya. Lalu kukus tempe (aku mengukus tempenya barengan sama menghangatkan nasi. Jadi lama deh, 30 menit gitu). Kalau Sahabat Desi's Corner tempenya mau digoreng setengah matang juga boleh. Aku mah, ceritanya lagi mengurangi konsumsi minyak. Jadi tempenya dikukus.

2. Kacang panjangnya juga jangan lupa dipotong. Ukuran standar dah, panjangnya.

3. Iris tipis bawang merah dan putih.

4. Iris serong cabai merah keriting dan cabai rawit.

5. Iris lengkuas lalu di geprek. Kalau mau langsung digeprek utuh juga, sah, kok.

6. Remas daun salam sebelum ditumis. Biar aromanya keluar.

Langkah Membuat II:

1. Tumis bumbu yang sudah diiris, daun salam, dan lengkuas sampai mengeluarkan aroma enak di hidung.

2. Masukkan tempe dan kacang panjang. Aduk rata dengan bumbu tumis. Sebentar aja, ya.

3. Masukkan kecap. Aku sukanya manis, jadi agak banyak gitu kecapnya. Aduk rata. Nggak usah lama-lama aduknya. Begitu rata, masukkan air secukupnya. Kalau aku airnya kira-kira 150 ml-an, gitu. Soalnya tempe sama kacang panjangnya banyak. Aduk rata lagi.

4. Masukkan kaldu jamur, gula, garam. Aduk lagi sampai air saat dan bumbu meresap.

5. Tes rasa. Kalau udah oke, siap disantap deh, nih oseng makanan sejuta umat.

Oseng tempe kacang panjang pedas manis

Baca Juga: Buka Usaha Di Tengah Pandemi? Begini Kiat-Kiatnya agar Kamu Berhasil

Aku masak ini, nggak sampai setengah jam, deh, kayaknya. Soalnya sebelum masak, habis dzuhur aku "siangin" gitu bahan-bahannya. Tempenya setelah aku potong-potong, langsung dikukus. 
Bawang merah dan teman-teman bumbu lainnya aku iris. Terus aku simpan di kulkas, deh. Istilah kerennya mah, food preparation. Jadi pas ashar, aku tinggal mengolah aja. Cepat dan nggak pakai lama.

Kalau teori oseng diatas tadi bilang, rasanya oseng itu umumnya asin cenderung pedas. Lah, kalau oseng tempe kacang panjang yang aku buat ini rasanya, pedas, manis, dan gurih.

Hmm, menurut Sahabat Desi's Corner masakan oseng kacang panjang pedas manis yang aku buat ini bisa disebut dengan perpaduan antara oseng dan tumis, nggak?






18 comments:

  1. Wah favorit di rumah saya juga nih oseng tempe plus kacang panjang, tapi jarang pake lengkuas sama daun salam. Mua nyoba versi lengkap ala-ala Mbak Desi ah, Maknyus kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah rempah tambah makyus,Pak Yo. Tambah kaya rasa dan aroma oseng tempe kacang panjangnya.

      Delete
  2. Aku bingung sebenarnya ini tuh curhatan apa resep makanan wkwkwk
    Btw aku baru tau kalo tumis sama oseng tuh beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma nulis resep doang, ntar dikit dong tulisannya. Sekalian aja curhat, biar dunia tahu kegalauan saya tentang dunia masak memasak ini wkwk

      Delete
  3. Jujur aku gatau bedanya oseng sama tumis jadi asal masak dan bisa dimakan aja gpp bu terserahlah apa namanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, samaan. Tahunya masak ya masak aja. Entah itu tumis atau oseng. Eeh, gak taunya beda tipis.

      Delete
  4. Wah, baru tahu bedanya antara oseng dan tumis. Baru tahu juga kalau tempenya bisa dikukus dulu di rice cooker. Tips yang mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh kan, samaan juga baru tahu bedanya oseng sama tumis. Nanti dicoba tips ya, Mbak. Kelupaan, saya ngukus tempenya pake dandang. Tapi di magic com juga bisa.

      Delete
  5. Kalau soal masak, jam terbangku keknya stagnan juga deh. Keknya nggak nambah2 juga perbendaharaan menunya, dari sop kembali ke sop biasanya, wkwk. Aku suka nih oseng tempe kacan panjang, tapi kalau bikin sendiri kok belum sesuai bayangan, wkwk. Akhirnya mlipir ke warteg deh, hihi.

    Aku catat deh resepnya mbak, kapan2 mau ku ATM. Siapa tahu berhasil bikin oseng tempe kacang panjang sesuai harapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya percobaan masak oseng kacang panjangnya juga udah beberapa kali. Ketemu yang pas rasanya juga jarang² wkwk. Mungkin perlu 10 ribu jam biar hasilnya sesuai warteg wkwk.

      Delete
  6. Mbak..... Aku juga baru tahu bedanya oseng sama tumis. Parah. Jam terbang masak baru 3 tahun ini gegara pas mutasi dan resign niat nggak pake art lagi. Tiap mau masak yang rumit, nyontek youtube dulu aku tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu terharu saya tuh. Ternyata ada banyak juga yang jam terbangnya belum lama. Samaan pula nyontek di youtube kalau mau masak yang rumit. Kadang masakan gampang aja, saya masih suka nyontek.

      Delete
  7. Ohh ini yg namanya oseng hahahha
    Selama pernah ada menu serupa ini di rumah, tapi aku gak tau namanya.
    Di rumah cuma dibilang tumis kacang panjang tempe Uda itu aja, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, saya juga baru tahu perbedaannya wkwk. Pokoknya yang masak kilat nggak pake minyak banyak itu namanya tumis atau oseng, dah. Gitu dulu taunya heuheu

      Delete
  8. Mbak Desi ini bukannya kembaranku yah?
    Kok baru masak tiga tahun?

    Mikirin sambil bayangin osengnya. Kayaknya enak pakai nasi ngepul2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bun Lillah. Saya kembarannya Bun Lillah, nih wkwk. Baru tiga tahun masak, Bun. Soalnya sebelum resign ada Mbak yang biasa masak. Masak seminggu sekali aja nggak waktu masih jadi kuli kantoran.

      Bacanya sambil makan aja Bun Lil, kan enak.

      Delete
  9. Sering makan ini, udah jadi menu dalam makanan keluarga soalnya...

    ReplyDelete
  10. Iya nih, Mbak Yul. Makanan sejuta umat yang ada hampir di setiap meja makan kita.

    ReplyDelete