Friday, June 11, 2021

Resep Sarikaya Nangka No kukus, No Oven, No Ribet



Sarikaya nangka no kukus

Bikin Sarikaya nangka no kukus, no oven, no ribet pula? Adakah Sahabat Desi's Corner yang pernah dengar atau pernah mencoba membuat olahan dari nangka ini? Kalau aku biasa membuat sarikaya itu bahannya dari roti tawar, telur, gula merah, santan atau susu, lalu dikukus.

Kalau dari hasil resep contekan sih, nama aslinya setup nangka. Tapi pas dibaca bahan-bahan setup dan cara membuatnya, hampir sama dengan sarikaya yang biasa kubuat. Cuma beda tipis. Proses akhir sarikaya dikukus sedangkan setup disiram santan.

Baca Juga: Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas Manis

Sarikaya Nangka No Kukus, No Oven

Ceritanya tiga hari yang lalu tetangga depan rumah mengirim nangka buah yang sudah matang. Kalau dimakan buah secara utuh kan, sudah biasa. Sesekali boleh lah ya, makan buah nangka yang diolah dulu.

Dicarilah resep olahan serba nangka. Banyak juga hasil pencarianku tentang olahan nangka matang ini. Mulai dari bolu, tako, talam, prol, muffin, nangka ketan thailand, sampai nangka goreng.

Dari semua resep olahan nangka matang yang aku temukan ini, belum ada yang klik dengan mood dan ketersediaan bahan di dapur. Termasuk tingkat keribetan dan lama pengerjaan juga memengaruhi faktor semangat saat pembuatan sarikaya.

Seandainya kata kunci waktu mencari olahan "nangka serba matang" diganti dengan "sarikaya nangka". Aku bisa mendapat banyak referensi. Soalnya kata sarikaya dan resepnya yang aku dapat dari Mamah ini adalah makanan zaman dari aku kecil. Dan dari dulu ya, cuma berbahan dasar roti dan teman-temannya seperti yang aku sebut di atas tadi.

Ternyata bahan tambahan untuk sarikaya ini banyak. Tidak hanya roti dan gula merah saja. Sarikaya ini bisa ditambah dengan potongan buah pisang selain nangka. Hmm, tapi kayaknya buah durian juga kudu dicoba. Tekstur buah durian sepertinya cocok untuk dibuat sarikaya.

Baca Juga:  5 Tips Ibu Bahagia Selama Pandemi

Resep Sarikaya Nangka No Kukus, No Oven, No Ribet

Cara membuat sarikaya

Lama pengerjaan dari mulai persiapan, pengolahan, dan sampai selesai untuk membuat sarikaya nangka ini, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Nggak ribet kalau menurutku sih, ya. Gampang banget. 

Mari kita mulai membuat sarikaya nangka no oven, no kukus ini.

Baca Juga: Mengatur Finansial Rumah Tangga Ala-Ala

Bahan yang dibutuhkan:

1. Roti tawar - 500 gr
2. Nangka - 250 gr (aku tambahin lagi 5 buah potong nangka. Biar lebih nendang pas makannya. wkwk)
3. Gula pasir - 100 gr
4. Santan kental - 200 ml (aku pakai santan instan 3 bungkus isi 65 ml)
5. Air - 1 ltr
6. Garam - ½ sdt (secukupnya)
7. Vanili - 1 sdm
8. Daun pandan - 2 lbr (ikat simpul)

Cara membuat:

1. Sobek acak roti tawar tapi jangan terlalu kecil.
2. Potong dadu nangka kecil-kecil (bukan potong halus juga, sih) atau sesuai selera. Kalau aku suka potong kecil-kecil. Maksudnya sih, supaya buah nangka tersebar rata ke bagian dalam dan luar roti nantinya.
3. Tuang air ke dalam panci. Didihkan.
4. Setelah air mendidih, masukkan santan, gula, garam, vanili, daun pandan. Aduk santan sampai panas bukan sampai mendidih. 
5. Setelah santan mengeluarkan uap panas, masukkan potongan nangka. Aduk kembali sampai mendidih dan nangka mengeluarkan aroma wangi. Tes rasa. Kalau aku tambahin garam lagi, biar lebih gurih.
6. Tuang kuah santan nangka ke atas roti tawar yang sudah disobek-sobek tadi. Aduk dan ratakan nangka hingga ke bagian dalam roti dan permukaan.
7. Tunggu sampai uap panas sarikaya hilang, tutup wadah. Lalu masukkan loyang ke dalam kulkas. Biarkan dingin.

Baca Juga: Tetap Produktif Meski Diam di Rumah  

Karena aku nggak punya wadah besar dimana adonan bisa sekaligus masuk. Jadinya aku dijadikan dua loyang. Aku coba pisahkan cara penyimpanannya. Satu loyang disimpan di rak kulkas biasa. Satu loyang lagi aku simpan di freezer.

Hasil dan sensasinya beda. Sarikaya nangka yang aku simpan di freezer teksturnya mengeras tapi nggak membeku. Pas dimakan rasanya seperti menggigit kue. Hmm, kayak es kue, gitu. Tahu dong, Sahabat Desi's Corner rasanya es kue kayak gimana? Enak, enak, enak, suka bingits.

Aroma nangkanya enak, santannya juga terasa gurihnya. Perpaduan gurih dan manis ditambah empuknya roti tawar yang masih berbentuk roti sobek,  beneran bikin nagih. Percobaan pertama ini berhasil. Kakak sampai bilang, "bikin lagi, Mah."

Sedangkan untuk sarikaya nangka yang disimpan di rak kulkas biasa selama sehari semalam, teksturnya seperti puding. Suami aja bilang enak. Cuma nggak bisa banyak-banyak makannya karena menggunakan santan. Biasalah ya, kolesterol. Tapi akunya jadi enak karena saingan makannya berkurang wkwk.

Setelah olahan roti dan nangka yang disiram kuah santan ini. Mungkin aku akan mencobanya dengan mengukus. Tapi santan yang digunakan akan lebih banyak. Karena pada saat proses pengukusan, cairan dalam adonan akan menguap. Jadi, agar tetap empuk, santan harus dilebihkan sedikit dari atas permukaan adonan.

Sarikaya no kukus dan no oven

Baiklah, nanti kalau dapat kiriman nangka lagi, baru di eksekusi, wkwk. Hmm, tapi biar suami bisa makan lebih banyak, gimana kalau santannya diganti dengan susu low fat atau fiber cream

Baiklah Sahabat Desi's Corner, sekarang giliran kamu mencoba resep sarikaya nangka no kukus, no oven, no ribet ini. Awas, jangan sampai ketagihan, yaa.





2 comments:

  1. wah jadi pengen langsung buat di rumah, terima kasih untuk resepnya ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kembali, Kak. Dan selamat mencoba resepnya. Semoga ketagihan :D

      Delete